FILE LEBIH BESAR DARI 4GB TIDAK BISA DICOPY KE FLASHDISK


Related image



Flashdisk, ya sebuah benda yang biasa menjadi gantungan kunci ini sudah menjadi bagian dari kecanggihan teknologi saat ini. Benda yang memiliki ukuran mungil namun memiliki kapasitas yang semakin menggila tentu dengan desain dinamis dan elegan ini sangat membantu pada saat kita ingin berbagi file dengan kapasitas yang besar. Bebagi file seperti game, materi kuliah, video 3gp, foto mantan, dsb menjadi sangat mudah dengan alat sekecil ini. Bagi kamu yang sering berbagi file masih berkapasitas megabyte atau maksimal 4gb tentu bukan masalah. Tapi bagi kamu penggila film bluray, game kelas berat, atau software tingkat tinggi pasti pernah mengalami masalah dibawah ini. 



Yaps, bagi kamu yang pernah mengalami masalah diatas, berarti kamu termasuk jajaran orang yang tepat untuk membaca artikel ini.

Sebelum kita menuju ke langkah langkahnya, alangkah baiknya jika kita perlu mengenali permasalahannya terlebih dahulu. Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar FAT32 atau  NTFS?? atau baru mendengarnya saat ini? Pada dasarnya mereka merupakan file system yang digunakan oleh windows pada media penyimpanan seperti hardisk, memori, flashdisk. File sistem NTFS pada umumnya digunakan untuk hardware berupa harddisk internal, sedangkan FAT32 sering digunakan pada flashdisk, memory, dan harddisk eksternal. Karena kita hanya perlu mengenali bukan menyayangi, eh salah maksudnya mencintai, eh salah lagi maksudnya memahami maka cukup sampai disini dulu karena kembali ke tujuan utama kita yaitu cara mengkopi file yang lebih besar dari 4gb. 

Contoh format NTFS

Flashdisk ataupun harddisk yang menggunakan format FAT32 yang merupakan kendala utama saat kita ingin memindahkan file dengan ukuran lebih besar dari 4gb. File sistem FAT32 paling sering digunakan pada media penyimpanan eksternal karena memiliki tingkat kompatibel yang lebih tinggi dari NTFS. Tapi tentu saja kita bisa merubah format tersebut menjadi NTFS sehingga kita bisa mudah saat berbagi file-file dengan ukuran yang besar. untuk cara caranya adalah sebagai berikut:

1. Install aplikasi Mini tool partition wizard disini
2. Pastikan kamu memasang flashdisk atau harddisk eksternal yang ingin kamu rubah formatnya. (catatan: usahakan flashdisk atau harddisk eksternal yang ingin dirubah dalam keadaan kosong untuk menghindari file terhapus saat format)
3. Lalu buka aplikasi Mini tool partition wizard dan disitu akan muncul disk yang terhubung dengan komputer atau laptop kamu. 


4. Klik kanan pada disk yang formatnya ingin dirubah seperti gambar diatas. lalu pilih convert FAT32 to NTFS.
5. Jika sudah setelah itu klik tanda centang (Apply) di pojok kanan atas dan OK. 
6. Setelah itu pergi kedapur ambil cangkir dan seduh segelas teh lalu minum sambil menunggu proses selesai.
7. Jika sudah selesai maka file sistem flashdisk kamu akan berubah menjadi NTFS. 

Nah itulah cara untuk merubah format file sistem dari FAT32 ke NTFS sehingga kamu bisa memindahkan file yang lebih besar dari 4gb tanpa perlu mempartisi file tersebut menjadi beberapa bagian. Sekian  untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.




Komentar